IPMANAPANDODE Semarang & Salatiga Kembali Gelar Makrab

Kegiatan malam keakraban (Makrab) IPMANAPANDODE Semarang Salatiga - (Dok Nelson Goo)


Semarang, Makmurupdate.eu.org -  Ikatan Pelajar Mahasiswa Nabire, Paniai, Dogiyai dan Deiyai (IPMANAPANDODE) Semarang-Salatiga kembali gelar malam keakraban (Makrab) di Wisma Griya Wening Raya, Kecamatan Midjen. Jumat-Minggu, ( 05-07/11/2021) pukul 12:00 WIB.

Kegiatan Malam Keakraban ini, di landasi dengan tema “Pembentukan AwaL Pola Pikir dan Sikap IMPANAPANDODE serta Kesadaran Kolektif akan Daerah.”

Dalam kegiatan malam keakraban ini turut dihadiri juga Ketua Himpunan Mahasiswa Papua Semarang ( HIPMAPAS ) saudara Deserius Dogomo serta senioritas semarang dalam misi yang sama yaitu untuk menyukseskan kegiatan Malam Keakraban ( Makrab) tersebut.

Dalam kegiatan berlangsung Malam Keakraban ( Makrab ) ini dapat dihadiri dengan jumlah peserta hingga 14 peserta. Berbeda dengan tahun malam keakraban sebelumnya yakni malam keakraban sebelumnya tentu lebih banyak dari sebelumnya yakni 26 peserta. Peserta yang turut hadir dalam kegiatan ini tidak hanya mahasiswa baru. Akan tetapi, mahasiswa lama yang belum mengikuti malam keakraban ( Makrab ) pada tahun sebelumnya diwajibkan ikut di tahun berikutnya yaitu tahun ini dan selanjutnya.

Malam Keakraban ( Makrab ) merupakan kegiatan yang wajib dan sudah dijadwalkan dalam program kerja ( IPMANAPANDODE ) Semarang & Salatiga itu sendiri sehingga kegiatan ini wajib diadakan setiap tahun sekaligus menjadi regerenasi dalam setiap tahun.

Dengan adanya kegiatan ( Makrab ) mahasiswa baru ini, dapat meningkatkan tali persaudaran dalam menjalankan roda organisasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Nabire, Paniai, Deiyai dan Dogiyai ( IPMANAPANDODE ) Semarang & Salatiga. “Dalam kegiatan ini tidak hanya memperkuat tali persaudaraan, melainkan meningkatkan kegigihan belajar baik secara individu maupun secara organisasi yang baik untuk meningkatkan kesadaran terhadap tugas dan tanggung jawab organisasi,”Sambutan malam keakraban pertama disampaikan oleh Sekertaris ( HIPMAPAS ) oleh saudara Yeli Jikwa.

Lanjutnya, Jikwa  menegaskan bahwa "Malam Keakraban ( Makrab ) tahun ini merupakan suatu kegiatan yang penting dilakukan meskipun dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Hal ini dilakukan supaya tali persaudaraan diantara senioritas dan junior dapat menjaga hubungan dan komunikasi yang baik serta dapat meningkatkan kesadaran yang baik terhadap organisasi," Katanya.

Terlepas dari semua itu, “tugas dan tanggung jawab sebagai peserta dan pada umumnya sebagai anggota ( IPMANAPANDODE ) semarang & salatiga juga dapat menjadi tanggung jawab yang besar sehingga dapat mempersiapkan diri dalam menyukseskan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini,” sambutan lanjutan ketua (Makrab) Yulianus Degei dalam berlangsungnya acara Malam Keakraban tersebut.

Lanjutnya, "Degei menegaskan bahwa melalui Malam Keakraban ( Makrab ) ini, semoga dapat memberikan efek yang positif untuk meningkatkan tali persaudaraan dan juga melancarkan hubungan yang baik antara junior dan senoritas dalam melancarkan tugas dan tanggung jawab organisasi ( IPMANAPANDODE ) Semarang & salatiga,"tutupnya.

Sambutan lanjutan langsung dibahwakan sekaligus wakil Badan Pengurus Harian ( BPH ) oleh saudara Boaz Iyai, yang melanjutkan dan menegaskan bahwa persatuan dapat ditingkatkan melalui adanya kegiatan Malam Keakraban ( Makrab ) sebagaimana yang di inginkan Bersama.

Lanjutnya, Iyai menegaskan juga bahwa organisasi ( IPMANAPANDODE ) semarang & Salatiga adalah suatu wadah yang ada di kalangan mahasiswa sehingga bagi siapa yang mengembangkan potensi yang di dimiliki setiap individu. Selain itu, organisasi ini juga terbuka untuk umum entah siapa saja datang belajar. Kemudian egoisme dalam organisasi yang membangun itu mengakibatkan memecah bela persatuan maka dalam setiap anggota harus ada rasa miliki dan saling bahu membahu  untuk membangun persatuan yang kokoh menuju cita-cita Bersama dengan berlandaskan pada motto organisasi “Bersatu untuk Sukses,” tutupnya.

Selain itu, sambutan lanjutan oleh Senioritas ( IPMANAPANDODE ) Semarang & salatiga, oleh saudari Apriana Tebai menegaskan untuk meningkatkan kesadaran yang baik dan juga saling menghormati antara senioritas dan junior.

Lanjutnya, “Tebai  bahwa untuk menjaga itu semua, perlu adanya kesadaran yang mutlak untuk merendahkan diri terhadap satu sama lain. Dengan begitu, hubungan dan komunikasi antara pengurus dan anggota ( IPMANAPANDODE ) Semarang & salatiga dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Terlepas dari semua itu, dalam acara Malam Keakraban ( Makrab ) ini tidak hanya disediakan berupa permainan. Melainkan disediahkan pula materi yang dapat memberi ilmu untuk meningkatkan tali persaudaran dan juga meningkatkan kesadaran terhadap organisasi ( IPMANAPANDODE ) Semarang & Salatiga.

Adapun materi yang disediakan dalam acara malam keakraban ( Makrab ) ini adalah sebagai berikut: Materi pertama tentang “Sejarah Organisasi ” yang dibawahkan oleh Badan Pengurus Harian ( BPH ) Stevanus Tebai.

Sementara Materi kedua dibawahkan oleh saudara Oktovianus Doo sebagai senioritas organisasi ( IPMANAPANDODE ) tentang “ Pengenalan Lingkungan Kampus”. Sementara dilanjutkan dengan Materi ketiga diberikan oleh Elias Boma tentang “ Manajemen Waktu dan Uang” dan Materi Keempat adalah “Sejarah Papua” yang langsung diberikan oleh Rafael Yelekmaken.

Dalam berlangsungnya pemberian materi untuk acara Malam Keakraban ( Makrab ) ini pun dapat diterima dengan baik oleh peserta dan senoritas yang hadir saat acara Malam Keakraban ( Makrab ) ini berlangsung.

Sementara disisi lain, masukan dari salah satu peserta memberikan pendapatnya mengenai acara Malam Keakraban oleh saudara Efendi Pakage bahwa dengan  acara Malam Keakraban ini, saya menjadi mengetahui bagaimana bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kami juga belajar bahwa untuk meningkatkan tali persaudaran yang baik juga meningkatkan bekerja sama yang baik.

Sementara itu, mewakili harapan senioritas oleh saudara Deserius Dogomo setelah menyukseskan acara Malam keakraban ( Makrab ) ini. Kami berharap bahwa dengan adanya  kegiatan malam keakraban organsasi ( IPMANAPANODE ) Semarang & Salatiga ini semoga lebih akrab antara senioritas dan junior. Selain itu, harapan kami, 14 peserta yang hadir ini lebih mengarahkan ke organisasi untuk jadikan tulang punggung ( IPMANAPANDODE ) Semarang & Salatiga untuk kedepannya.

Lanjut Dogomo, “kepada peserta yang baru bergabung lebih aktif dalam organisasi social maupun politik yang ada di kota semarang untuk mencari pertemanan, pengetahuan, dan persahabatan dalam beberapa organisasi yang ada,” Tutupnya.


Manfaat yang Didapat Dalam Acara Malam Keakraban ( Makrab)


Malam keakraban ( Makrab ) ini tidak hanya menjadi ajang permaian dari setiap kali kegiatan ini dilakukan. Akan tetapi manfaat yang didapat dari acara ini juga menjadi salah satu kegiatan positif yang memberikan berbagai manfaat:


1.      Meningkatkan Tali Persaudaran antara Senioritas dan Junior

Tentu saja Malam Keakraban ini dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu salah satunya adalah meningkatkan tali persaudaraan antara satu sama lain sebagai mahasiswa yang berasal dari 1 ( satu ) identitas yakni Meepago.

Uniknya, dalam berlangsung acara Malam Keakraban ( Makrab ) ini tentu untuk menyatukan persatuan satu sama lain sebagai identitas yang sama. Selain itu, dalam acara ini pun dapat berpartisipasi oleh saudara yang berbeda identitas namun memiliki 1 bangsa yaitu ( Papua )


2. Meningkatkan Kegigihan Belajar dengan Orgasinisasi IPMANAPANDODE Semarang & Salatiga

Sebuah acara tentu tidak terlepas dari tujuan pokok dan manfaat yang akan didapat dengan berlangsungnya sebuah kegitan. Salah satunya adalah Malam Keakraban ini menjadi patokan utama dalam meningkatkan belajar sesuatu yang baru.

Terlepas dari semua itu, Organisasi IPMANAPANDODE ini dibentuk dengan tujuan untuk belajar bagaimana dapat menyikapi dalam setiap Langkah dengan baik. Selain itu, dalam mengambil sebuah bagian dalam organisasi ini juga dapat menuntut pribadi untuk bertanggung jawab dan menjadi lebih baik.


3.      Meningkatkan Kesadaran yang Mutlak dalam Menjalani Tugas dan Tanggung Jawab

Menjadi anggota di sebuah organisasi adalah bersiap untuk sadar dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi tanggung jawab. Dengan menjadi bagian dari sebuah organisasi maka secara langsung kita akan mengetahui proses yang sesungguhnya dalam belajar sesuatu yang baru dan meningkatkan kesadaran secara mutlak. Hal ini tentu akan memberikan efek yang positif untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab.

( Utuma )

Maria Riska Rianda Anikidi

Hai, saya Riska.Saya seorang pengembang web yang tinggal di indonesia.Saya penggemar pendidikan, teknologi, kesehatan, dan desain.Saya juga tertarik dengan pemrograman dan menulis.Anda dapat membaca blog saya dengan mengklik tombol di atas.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post

JSON Variables

World News

نموذج الاتصال